Minggu, 23 November 2008

Apa Motivasi kita ?

Hidup. Lima kata ini begitu mudah kita ucapkan, namun tidaklah semudah dalam menjalaninya, karena kehidupan hakikatnya adalah sebuah perjuangan tanpa akhir, sejatinya tak segampang membalikkan telapak tangan. Butuh motivasi diri yang tinggi untuk terus melaju dan bisa tetap eksis dalam menapaki setiap jejak-jejak kehidupan, sebab nyatanya ada banyak badai dan gelombang yang selalu siap datang menghadang.

Hidup tak selamanya diibaratkan dataran yang rata, namun ada kalanya kita bertemu dengan sebuah pendakian. Hidup juga tak selamanya dipoles dengan satu warna, namun ada kalanya ada warna-warna lain yang menambah warna warni kehidupan, sehingga hidup terlihat lebih indah dan beragam. Semuanya, merupakan bagian yang tak terpisahkan. Begitulah kehidupan, ada suka dan ada pula duka, itulah sketsa yang memang harus dijalani, oleh siapapun !

Bila suka menghampiri, kadang kita lupa diri, kita lalai dengan nikmat yang diberi, tak jarang justru kita kembali terjatuh karenanya. Begitu juga ketika duka datang menerpa, kita menjadi putus asa, terpuruk oleh keadaan dan terkadang justru mengambil jalan pintas agar semua cepat berlalu. Hidup adalah sketsa suka dan duka, hidup adalah sebuah pilihan, bagaimana kita bisa tetap tegak dan terus berjalan, ketika pilihan-pilihan yang kita buat berakhir tidak sesuai keinginan ?

Motivasi diri jawabnya. Motivasi adalah niat dan kemauan. Motivasi adalah potensi yang bergerak dengan pemahaman dan ketrampilan menuju amal produktif. Motivasi adalah cahaya. Dengan motivasi kita bisa menyinari diri kita dan menerangi orang lain. Motivasi seperti listrik yang menyengat. Namun motivasi bukanlah sgala-galanya, tetapi dengan motivasi kita bisa melakukan segala-galanya.

Jika kita berpaling sejenak ke belakang, membaca sejarah islam. Maka akan kita temukan satu kunci, keberhasilan mereka bertumpu pada besarnya motivasi spritual. Saya teringat kisah seorang cina yang bercita-cita punya milyaran dolar dalam 3 bulan, justru ia mendapatkannya dalam waktu 1 bulan. Padahal kalo dipikir-pikir, imposible ? Namun sesuatu yang imposible bisa menjadi sebuah kenyataan dengan motivasi. Nah.. apa motivasi kita ? yang karenanya kita bisa terus bangkit dan berjalan, menyongsong masa depan yang lebih gemilang ?





Tidak ada komentar: